Thursday 14 September 2017

Saya mengamati bahwa komunikasi dapat menjadi jalan kebaikan demi kebaikan muncul di sekeliling kita sahabat. Disinilah diperlukan keterampilan “seni berkomunikasi”  yang baik, agar apa maksud dan tujuan dari komunikasi dapat tersampaikan secara utuh kepada rekan yang kita ajak berkomunikasi. Jangan sampai justru komunikasi yang tercipta menimbulkan kesalahpahaman sahabat. Sebagaimana dulu, pernah saya sampaikan bahwa komunikasi juga bisa menjadi salah satu hadirnya persoalan dalam hidup kita.
Nah, setidaknya ada beberapa point yang perlu kita perhatikan agar tercipta komunikasi yang baik. Diantara point tersebut yaitu:
a.     Siapa rekan yang sedang kita ajak berkomunikasi?
Penting kita memahami latar belakang rekan kita untuk pemilihan kata yang akan kita gunakan. Usahakan sesederhana mungkin sahabat.
b.    Konten apa yang akan kita sampaikan?
Perihal konten ini, kita perlu benar-benar menguasai kita akan membicarakan tentang apa? Tujuan dari pembicaraan ini apa? Jangn sampai melebar pada topik yang lain, sehingga lupa esensi makna utama dari konten yang kita jadikah bahan dalam komunikasi.
c.     Kroscek pemaknaan dari rekan yang kita ajak komunikasi
Ini penting kita lakukan agar komunikasi yang telah tercipta benar-benar utuh diterima dengan baik. Bagaimana caranya? Coba beri beliau kesempatan untuk menyampaikan pendapat atas konten dalam komunikasi tersebut. Dari sinilah kita dapat mengambil kesimpulan apakah beliau sudah paham atau perlu penjelasan lebih lanjut lagi.
Itulah beberapa hal dalam seni berkomunikasi sahabat.. InsyaAllah dengan keterampilan komunikasi yang baik, maka akan mengurangi hadirnya persoalan dalam diri dan bahkan dapat membantu rekan-rekan yang sedang menjawab persoalan hidupnya. Sekian dari saya, monggo boleh diskusi sahabat. Saya pun membuka ruang untuk belajar. Terima kasih.

0 comments :

Post a Comment